5.9 C
New York
05/03/2021
Bongkar Fakta
Politik Jakarta Nasional News Nusantara Review

Buzzer, Influencer dan Hacker Ketika Berperan Sebagai Aktivis Politik di Indonesia

Buzzer, Influencer dan Hacker Ketika Berperan Sebagai Aktivis Politik di Indonesia
Ilustrasi Alwi Ismail

Bongkar Fakta.com  –  Saat berbincang soal Buzzer Politik, Alwi Ismail (@alwiismail_acn) Bercerita bahwa Buzzer, Influencer dan Hacker Berperan dalam dunia Politik di Indonesia, Buzzer dapat diartikan sebagai Pendengung, penggaung atau penggiring opini, mereka bisa bekerja dibalik topeng (Balik Layar) atau secara terang-terangan.

Pada awalnya buzzer digunakan sebagai strategi marketing yang digunakan untuk menjual suatu produk. Mereka menggiring opini public untuk membeli suatu produk tersebut. Namun sekarang buzzer banyak dgunakan sebagai alat politik, biasanya digunakan untuk menggiring opini masyarakat untuk mendukung suatu partai politik atau calon anggota tertentu. Buzzer digunakan sebagai alat politik ini semenjak tahun 2012.

Kemunculan buzzer terjadi karenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih, selain itu muculnya media sosial yang berkembang dengan pesat pada kalangan masyarakat, Saat ini, siapapun pasti punya media sosial, bahkan anak-anak kecil sekalipun.

Perkembangan media sosial

Perkembangan media sosial dawali dengan berkembangnya Facebook pada tahun 2004, Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial, Per Juni 2020, Facebook memiliki lebih dari  2,63 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Facebook ddirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

kemudiandiikuti Twitter pada tahun 2006. Twitter sendiri adalah jejaring sosial atau microblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Twitter ddirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, dan Biz Stone. Pada tahun 2013 pengguna Twitter mencapai lebih dari 500 juta, 200 juta dantaranya adalah pengguna aktif (Abugaza, 2013).

Dsusul Instagram pada tahun 2010, Instagram adalah jejaring social, sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, Menurut data yangdirilis Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020, pengguna Instagram d! Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna.

Fitur yang ada pada Sosial media terdiri dari hashtag, pengguna akun dapat mengelompokkan kicauan atau tweet menurut topik atau jenis dengan menggunakan tagar (hashtag) kata atau frasa dengan tanda #.

Kemudian untuk mengirim, menandai, membalas pengguna lain dapat menggunakan tanda @ yang d!ikuti dengan nama pengguna dan fitur mention yang biasanya dgunakkan untuk memposting ulang cuitan dari pengguna lain. Fitur-fitur dan kemudahan di media sosial inilah yang membuat para buzzer sering menggunakan jejaring media sosialsebagai saranannya.

Buzzer, Influencer dan Hacker Ketika Berperan Sebagai Aktivis Politik di Indonesia

Buzzer politik mulai mucul ketika Pilkada 2012 berlangsung, ketika pemilu terlaksanakan para aktor-aktor politik mulai melirik buzzer sebagai penggiring opini yang nantinya akan menjatuhkan lawan. Mengutip Bongkar Fakta,

Alwi Isamail juga menjelaskan bahwa profesi Buzzer memiliki dua kategori yakni buzzer yang Melakukan secara sukarela dan buzzer yang dibayar sesuai dengan permintaan. Biasanya buzzer bayaran ini dilirik oleh aktor politik untuk menggiring opini masyarakat untuk mendukung caleg,gubernur,presiden tertentu. Dalam ilmu komunikasi kampanye adalah segala kegiatan yang bersifat membujuk, mengajak, menggiring. Dari serangkaian kegiatan kampanye ini intinya adalah segala kegiatan komunikasi yang bertujuan mengajak, membujuk sebagian besar orang.

Semenjak buzzer gunakan sebagai alat politik para buzzer menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan lawan politik, mulai dari memfitnah, menyebar hoax dan hatespeech. Hal ini sangat berbahaya dkarenakan menimbulkan perpecahan pada tengah masyarakat.

Related posts

284.000 Kendaraan Masuk ke Jakarta, Arus Balik Libur Natal 2020

Bongkar Fakta

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Terpilih

Bongkar Fakta

Wagub Nunik Siap Diuji Suntik Vaksin Covid-19 Pertama di Lampung

Bongkar Fakta

Rizieq Ditahan Seorang Diri di Sel Terpisah dari Tahanan Lain, Kenapa?

Bongkar Fakta

PWNU Lampung Ajak Pengurus NU Maksimalkan Dakwah Digital

Bongkar Fakta

Partai Demokrat Siapkan 9 Kader Maju Pilgub DKI Jakarta, Salah Satunya Cellica Nurrachadiana Bupati Karawang

Bongkar Fakta

Leave a Comment