1.7 C
New York
06/03/2021
Bongkar Fakta
Bisnis Lampung News

SK Garden Teknik Cangkok Tanaman, Percepat Perbanyak Bibit Tanaman

SK Garden Teknik Cangkok Tanaman, Percepat Perbanyak Bibit Tanaman
SK Garden Teknik Cangkok Tanaman, Percepat Perbanyak Bibit Tanaman

Lampung, Bongkar Fakta.com – Tren budi daya tanaman buah dan bunga di Bandar Lampung, meningkat kala pandemi Covid-19. Hal demikian mendorong meningkatnya permintaan bibit tanaman. Untuk itu, teknik cangkok menjadi salah satu metode perbanyakan tanaman yang terlakukan oleh Amroy, pemilik SK Garden Kedamaian, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung.

Amroy yang kenal sebagai pemilik kebun jambu, memiliki sejumlah varietas buah jambu pada kebun benih klon dan persilangan miliknya. Varietas jambu yang ia kembangkan dengan teknik cangkok meliputi jambu madu deli hijau, black kingkong, red taiwan, taiwan super green, mutiara hitam dan jambu madu merah. Selain jambu, bibit buah jenis alpukat miki, aligator, mentega serta durian kaki tiga, dan mangga juga tersiapkannya.

SK Garden Teknik Cangkok Tanaman, Percepat Perbanyak Bibit Tanaman
Ilustrasi Cangkok Tanaman

Teknik perbanyakan tanaman dengan cangkok plastikdilakukan Amroy, petani penyedia bibit tanaman buah yang berdadi Kedamaian, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung, Senin (15/2/2021).

Menurutnya, teknik cangkok terlebih dahulu pilih untuk mendapat anakan atau bibit. Sebelumnya, bibit jambu madu deli hijau yang datangkan dari Medan, Sumatra Utara. Bermodalkan Rp1 juta untuk membeli sekitar sepuluh bibit, ia memperbanyak tanaman yang budidayakan dalam pot. Sistem tanaman buah dalam pot (tabulampot) efektif lakukan pada lahan terbatas, namun hasil maksimal.

“Cangkok merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif selain stek, okulasi, kultur jaringan, saya gunakan media cangkok awalnya memakai sabut kelapa, lalu kombinasi dengan metode cangkok media plastik, karena praktis dan bisa melihat perkembangan akar secara langsung,” terang Amroy, Senin (15/2/2021).

Tujuan cangkok, sebut Amroy, untuk mendapat bibit tanaman dengan kualitas induknya.

Ia memilih tanaman buah untuk dicangkok bagi kebutuhan pehobi tabulampot. Menyukai tanaman buah sejak muda, ia menyebut teknik cangkok media plastik cukup menguntungkan. Meski perakaran kerap kurang sempurna, pemilihan media tanam yang subur menjadi solusi agar bibit hasil cangkokan tumbuh subur.

Amroy menjelaskan, teknik cangkok plastik sangat mudah. Pohon berusia dua tahun yang telah berbuah cocok untuk cangkok. Alat yang tergunakan berupa moss atau tanah subur media cangkok, kompos, plastik pembungkus, tali rafia, zat pengatur tumbuh, pisau cangkok. Jenis tanaman buah jambu berkambium bisa kupas bagian kulit memudahkan pencangkokan.

“Pohon induk yang akan terpilih sebaiknya telah tua, hasil buahnya besar sehingga bibit akan memiliki kualitas bagus,”jelasnya.

Related posts

Aceh Tamiang Segera Miliki Kawasan Khuss Industri, Seluas 76 Hektare

Bongkar Fakta

Bongkar Fakta Bansos 2021, Siap Tersalurkan Awal Januari

Bongkar Fakta

Media Asing Soroti Kasus Video Asusila Gisel, Sebut Peradilan Kejam

Bongkar Fakta

Warga: Maling Biadab, Di Tengah Duka, Pencuri Satroni Rumah Korban Sriwijaya Air di Serang Banten

Bongkar Fakta

Beli Sabu, Dua Oknum ASN di Bandar Lampung Ditangkap Polisi

Bongkar Fakta

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Di Bandar Lampung Banjir

Bongkar Fakta

Leave a Comment