• Jelajahi

    Copyright © Bongkar Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Kolaborasi Lembaga Pembersihan Pantai dengan Organisasi Life Guard dan SMK Kereaktif Dompu (we save) Lakukan Kegiatan Pembersihan Pantai Nangas

    Sabtu, 10 Februari 2024, Februari 10, 2024 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



     Bongkarfakta.comKondisi pantai yang memiliki banyak sampah dapat menurunkan daya tarik wisata. Menanggapi permasalahan ini, Lembaga Peduli Lingkungan, Organisasi Life Guard dan SMK Kereaktif Dompu (we save) mengadakan aksi bersih pantai di Pantai Nangas Desa Hu'u Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Kegiatan bernama Gerakan Bersih (GEBER) Pantai diselenggarakan pada Minggu (11/02/2024).




    Ketua Lembaga Peduli Lingkungan ( LPL ) Desa Hu'u saudara Suharno mengatakan kepada awak media ini bahwa target atau sasaran dari kegiatan itu yaitu agar Pantai Nangas yang sering di kunjungi wisatawan terlihat bersih dan tertata Rapi,dan kami juga sudah menyiapkan Toilet Umum agar para pengunjung merasa aman dan nyaman ketika berkunjung ke sini" ucapnya 



    “Melihat pantai Nangas sebagai destinasi pariwisata Kabupaten Dompu, maka kebersihan menjadi tanggung jawab bersama sebagai upaya mengurangi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan laut,” ujarnya.



    Proses Pelaksanaan Gerakan Bersih Pantai Sebagai informasi, komunitas GenBI sehingga tiap Minggu kami menyelenggarakan bersih pantai,bahkan pembersihan pantai Nangas ini kami lakukan tiap Minggu tepatnya di hari Minggu, sebagai kepedulian partisipasi kami selaku masyarakat Huu dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih, lestari dan bebas sampah" papar suharno



    Selama proses kegiatan, Lembaga Peduli Lingkungan, Organisasi Life Guard dan SMK Kereaktif Dompu (we save) yang menyebar pada sisi pantai untuk membersihkan kepingan sampah, dahan, plastik dan ranting pohon.



    Suharno mengatakan " apabila keadaan atau kondisi lingkungan pantai yang kurang bersih maka akan membuat pengunjung merasa Tidak nyaman, Sehingga penting memupuk kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Ia menyebut gerakan bersih pantai dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan laut. Selain itu, kegiatan itu juga sebagai pembelajaran dalam mengurangi penggunaan plastik dan cara mengelola sampah plastik yang baik"



    Menurutnya, " kegiatan bersih pantai merupakan aksi kecil mewujudkan butir Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat dan hal ini juga mendukung SDGs poin 14 yakni kehidupan di bawah air"



    “Semoga kegiatan ini berjalan berkelanjutan, semakin banyak warga dan tokoh masyarakat yang aktif berpartisipasi dan sadar akan kebersihan lingkungan sekitar khususnya pantai yang memiliki nilai ekonomis,” harap nya.( Om Jeks )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini